Sosialisasi Peluang Karir Tenaga Kesehatan di Luar Negeri bagi Mahasiswa dan Alumni STIKES Pemkab Jombang

Tenaga kesehatan di Indonesia berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Peluang itu meliputi Kawasan Asia Pasifik diantaranya di Jepang melalui skema G to G untuk perawat dan caregiver, Taiwan yang membutuhkan caregiver dan caretaker, Singapura membutuhkan perawat dan tenaga medis, serta Brunei darusalam yang membutuhkan perawat. Untuk Kawasan Timur Tengah, Uni Emirat Arab membutuhkan tenaga kesehatan dan perawat, serta Qatar, Arab saudi dan Kuwait yang juga membutuhkan tenaga perawat.

Sementara untuk kawasan Amerika Serikat dan Australia, jenis jabatan yang dibutuhkan adalah registered nurse, healthcare practitioners and technical occupation, health diagnosing and treating practitioners, healthcare.

Permasalahan yang sering dialami masyarakat Indonesia untuk bekerja ke luar negeri diantaranya persyaratan visa kerja, izin kerja, persyaratan kerja yang ketat, kendala administrasi serta biaya proses penempatan yang masih tinggi (cost structure). Selain itu juga permasalahan kualifikasi pendidikan dan profesi (termasuk pengalaman kerja dan pelatihan kerja), kemampuan berbahasa asing (Inggris dan bahasa di negara penerima), economic need test  untuk menjustifikasi kebutuhan tenaga kerja asing, dan peraturan lisensi yang dikeluarkan oleh Council /Board  untuk menghindari brain drain di setiap negara berbeda.

Untuk itu STIKES Pemkab Jombang mengadakan Bhakti Ikatan Alumni   dalam rangka “Sosialisasi Peluang Karir Tenaga Kesehatan Di Luar Negeri Bagi Mahasiswa Dan Alumni Stikes Pemkab Jombang”. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membuka wawasan dan memanfaatkan peluang kerja khusunya dalam keperawatan berbasis komunitas caregiver di Luar Negeri.