Praktik Tatanan Nyata Komunitas

Dalam program praktik tatanan nyata komunitas, mahasiswa melakukan kunjungan ke rumah warga yang baru menjalani rawat inap di Puskesmas karena berbagai macam penyakit. Tujuan praktik ini untuk menyiapkan mahasiswa agar siap dan kompeten dalam melakukan homecare di masyarakat, hal ini sesuai dengan visi misi Program Studi S1 Keperawatan mencetak Ners yang unggul di bidang keperawatan komunitas.

Perawat ke rumah mengalami tren yang semakin meningkat karena masyarakat menilai layanan perawat ini lebih memberikan kemudahan bagi pasien untuk mendapatkan perawatan tanpa perlu ke klinik atau ke rumah sakit. Ada beberapa tipe pasien yang membutuhkan perawatan di rumah. Salah satu profesi yang saat ini sedang menjadi tren baru dalam bidang kesehatan adalah layanan perawat ke rumah. Perawat ke rumah atau yang sering disebut perawat homecare adalah tenaga kesehatan yang memberikan perawatan terhadap pasien di rumah.

Semakin banyaknya masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan, namun karena faktor keterbatasan ekonomi, membuat pelayanan perawat ke rumah mulai banyak dicari. Perawat homecare memiliki peran untuk membantu dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama bagi pasien yang menjalani rawat jalan dengan rentang waktu yang cukup lama maupun pasien lanjut usia.