Seminar dan Workshop Bengkel Kreativitas Mahasiswa

Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM merupakan bentuk kongkrit dari tertuangnya ide-ide kreatif mahasiswa. Minat mahasiswa kepada penulisan PKM dirasa perlu dikembangakan, guna menumbuhkan  kreativitas serta daya kompetisi karya tulis mahasiswa STIKES Pemkab Jombang  diranah nasional. Himpunan Mahasiswa Sarjana Keperawatan (HIMASAKA) STIKES Pemkab Jombang memiliki  keinginan untuk membangun budaya menulis ilmiah di kalangan mahasiswa. Oleh karena itu,HIMASAKA mengadakan sebuah kegiatan berupa Seminar dan Workshop Bengkel Kreativitas Mahasiswa dengan tema “Gali Potensi Raih Prestasi,Students Goes To PIMNAS”. Kegiatan ini, berusaha memberikan motivasi dan teknik penulisan PKM yang berkualitas kepada mahasiswa.

Bertempat di Gedung Bung Tomo Pemkab Jombang, dan dibuka oleh sambutan Ibu Dr. Ririn Probowati, S.Kp.,M.Kes selaku Ketua STIKES Pemkab Jombang. Kegiatan ini  di hadiri oleh 250 orang peserta. Jumlah tersebut telah melampaui target dari panitia yaitu 200 orang peserta. Selain itu kegiatan ini terdiri dari 4 sesi dengan menghadirkan beberapa pembicara yang berkompeten di bidang penulisan ilmiah serta dipimpin langsung oleh Ibu Anja Hesnia Kholis, S.Kep.,Ns.,M.Kep., Sp.KMB selaku Moderator.

Ibu Shanti Rosmaharani,S.Kep.,Ns.,M.Kep menjadi pembicara pada sesi pertama dengan tema Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Keperawatan. Pada sesi ini diharapkan peserta dapat termotivasi untuk mulai menulis PKM. Sesi kedua adalah Tips and Trick Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang dan sebagai pembicaranya adalah Bapak Safiil Ma’arif, M.Pd yang merupakan Reviewer Nasional PKM Belmawa DIKTI Tahun 2018. Pada Sesi kedua ini diharapkan setelah peserta termotivasi untuk menulis, peserta juga mengetahui teknik penulisan PKM agar dapat lolos dalam Pekan ilmiah nasional atau lomba-lomba penulisan ilmiah lainnya. Sesi ketiga ini merupakan sharing pengalaman dengan Eva Zulviah Aini Mahasiswi STKIP PGRI Jombang yang lolos pendanaan oleh DIKTI pada lomba PKM tahun 2018.

Workshop dan Seminar PKM ini tidak hanya sekedar memberikan materi kepada peserta tetapi  terdapat pula  praktek penulisannya. Pada sesi keempat, seluruh peserta workshop yang telah membuat proposal diberikan kesempatan untuk dibedah proposalnya untuk mengetahui progress penyusunan dan poin apa yang perlu di perbaiki.

Kegiatan workshop PKM ini dapat dikatakan cukup sukses, melihat antusias peserta yang tinggi terhadap kegiatan ini. Melalui kegiatan ini pula, setidaknya dapat diketahui betapa besar potensi para peserta khususnya dalam penulisan PKM. Hal ini dapat dilihat dari hasil praktek penulisan ilmiah yang menghasilkan tulisan-tulisan dengan ide yang kreatif dan solutif. Suksesnya kegiatan workshop PKM ini tidak lepas dari kerjasama yang baik antara para dosen dan HIMASAKA. Kegiatan ini menjadi sebuah langkah awal untuk membangun budaya menulis ilmiah di kalangan mahasiswa. Outputnya adalah semakin banyak mahasiswa STIKES Pemkab Jombang yang mengikuti lomba-lomba penulisan ilmiah seperti pimnas dan STIKES Pemkab Jombang dapat lolos  menjadi juara pimnas berikutnya.